Friday, February 1, 2013

Peran Teknologi Informasi dalam Dunia Kerja


Pada zaman sekarang Teknologi Informasi sudah tidak asing lagi terdengar di telinga siapapun, kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan. Teknologi Informasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas termasuk dalam dunia kerja, perusahaan dan dunia bisnis.
Banyak keuntungan yang didapatkan dari Teknologi Informasi diantaranya :
  • Semakin banyak penguna Teknologi Informasi berarti semakin terbukanya lapangan pekerjaan.
  • Teknologi Informasi mempermudah transaksi-transaksi bisnis atau perusahaan.
  •  Informasi yang dibutuhkan semakin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pekerjaan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas yang diterapkan dalam dunia kerja, perusahaan, dunia bisnis, bahkan banyak informasi lowongan pekerjaan yang membukakan pintu selebar-lebarnya untuk seorang programmer, designer, atau bidang-bidang yang berhubungan dengan teknologi komunikasi dan networking.
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan Teknologi Informasi dalam lingkungan kerja, berbeda dalam dunia bisnis yang memanfaatkan Teknologi Informasi untuk perdagangan secara elektronik (E-Commerce).
Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, Teknologi Informasi mampu menyimpan data dengan kapasitas jauh lebih banyak dari cara manual, dan saat ini merupakan saat yang tepat untuk mengembangkan sistem informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan, sehingga informasi yang dihasilkan harus selalu akurat dan mutakhir dalam setiap kondisi. Untuk itu pengembangan dan pengimplementasian pemanfaatan Teknologi Informasi sangat diperlukan dalam dunia kerja.
Alasan perusahaan menerapkan Teknologi Informasi diantaranya :
  • Teknologi Informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manager, dengan kata lain Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dengan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah.Jaringan telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah diantara departemen dan divisi yang berbeda.
  • Teknologi Informasi memberikan lebih banyak informasi ke manager melalui sistem pengambilan keputusan (Decision Support System atau DSS).
  • Dari sisikaryawan, solusi pengelolaan sumber daya manusia.
  • Memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang relatif akurat. Sumber daya manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan kinerja tinggi bagi perusahaan.

Dengan situasi seperti ini sangat disayangkan jika orang atau remaja Indonesia belum atau tidak tertarik bahkan menutup mata dengan dunia Teknologi Informasi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Newer Post
Previous
This is the last post.

1 comments:

  1. wahh minn terimakasihya artikelnya bermanfaat banget:) Oh iya minn saya Novita (1811500050) Mahasiswi STMIK Atma Luhur..jangan lupa ya minn kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/
    Gomawo minn :)

    ReplyDelete